y Co Card H 6

CO Card – Masih ingatkah Anda ketika pertama kali masuk sekolah maupun saat pertama kali masuk kuliah ada acara sekolah/kampus yang dinamakan MOS maupun OSPEK? Sebelum MOS maupun OSPEK dilaksanakan, tentu para senior memberikan pembekalan MOS maupun OSPEK.

Pada sesi pengarahan tersebut Anda disuruh untuk membuat kartu pengenals yang dikenal sebagai CO Card.  Bahkan, panitianya sendiri juga menggunakannnya sebagai identitas. Co card dapat dibuat memakai ID Card PVC maupun kertas yang lebih murah.

Pengertian dan Fungsi Co Card

Co card adalah sebuah kartu berisi informasi mengenai identitas pemakainya. Keterangan tersebut selalu berisi nama panjang atau nama panggilan si pemakainya. Sementara keterangan lainnya bisa menyesuaikan contohnya kedudukan dalam suatu organisasi atau kepanitian, kelas, jurusan maupun fakultas dan keterangan lain yang dirasa penting untuk diberitahukan.

Berisi nama, jabatan dan acara yang diselenggarakan, kartu panitia ini berguna sebagai kartu identitas. Co card biasanya digunakan oleh panitia suatu acara, peserta suatu event, para murid maupun mahasiswa baru. Para panita, peserta event, murid maupun mahasiswa baru pasti belum saling mengenal, oleh karena itu dibutuhkan tanda pengenal yang dapat dilihat secara langsung agarbisa saling mengetahui dan tidak salah orang.

Jenis dan Ukuran Co Card

Kartu identitas yang satu ini sesungguhnya bisa dicetak memakai bahan PVC maupun kertas. Namun jenis kartu yang menggunakan bahan PVC lebih dikenal sebagai ID Card. Walaupun panitia bisa memakai bahan PVC, akan lebih hemat bila menggunakan kartu yang dibuat dari bahan kertas.

Jenis kertas yang digunakan pun bermacam-macam. Ada yang memakai HVS dengan grammasi yang besar, folio atau memakai kertas ivory. Namun jenis kertas yang umum dipakai oleh percetakan tentunya kertas ivory yang glossy dan lebih tahan lama.

Karena dapat diproduksi dari bahan plastik dan kertas, kartu ini pastinya mempunyai ukuran yang berbeda menurut bahan. Bila Anda menginginkan ID Card Panitia dari bahan PVC, ukurannya akan disamakan dengan kartu pegawai atau kartu pelajar pada umumnya.

Berbeda lagi dengan ID Card panitia dari bahan kertas. Bila selama ini mungkin Anda sudah tidak asing dengan ukuran kertas jenis A seperti A3, A4 dan A5. Sementara itu, ukuran co card ditunjukkan dalam ukuran kertas seri B. barangkali Anda masih belum tahu ukuran kertas jenis B. Di bawah ini ukuran kartu panitia dan peserta yang bisa Anda pilih sesuai keinginan.

Ukuran B1

Menggunakan kertas berukuran 85 x 55 mm. Sementara casing atau plastiknya mempunyai ukuran 100 x 65 mm.

Ukuran B2

Menggunakan kertas berukuran 105 x 70 mm. Sementara wadah atau plastic pembungkusnya 123 x 80 mm.

Ukuran B3

Memakai kertas berukuran 122 x 95 mm. Sementara ukuran wadah atau plastic pembungkusnya 105 x 85 mm.

Ukuran B4

Memakai kertas berukuran 150 x 106 mm. Sementara plastik pembungkusnya berukuran 135 x 95 mm

Jadi, ukuran mana yang cocok untuk acara Anda? Tentunya ukuran ini bisa dipilih berdasarkan audiens yang menggunakannya.

Desain dan Contoh Co Card

Di bawah ini adalah contoh CO Card untuk panitia sebuah  acara.

 

 

Bisa dilihat, desain pada kartu ini sedikit berbeda dengan ID Card. Lebih sederhana dan tidak menggunakan banyak perubahan warna.

Dicetak nama acara yang diselenggarakan, nama instansi atau panitianya dan lambing acara. Warna yang dipilih juga dicocokkan tema agar lebih menarik dan tampak match. Pada bagian bawah, dicetak perusahaan atau pihak luar yang turut mendanai jalannya acara. Langkah ini digunakan sebagai penghargaan sekaligus branding.

Aksesori Pelengkap yang Bisa Dipakai

Aksesori yang dimaksud adalah tali agar bisa dipakai saat acara berlangsung. Tali yang dipakai bisa menggunakan tali bulat atau lanyard khusus dari bahan polyester atau tisu. Agar lebih menarik, tali atau lanyard tersebut dibuat selaras dengan desain kartu. Contohnya diwarnai dengan warna yang sejenis.

Bila Anda lebih tertarik menggunakan lanyard, Anda dapat menggunakan lanyard sablon atau printing. Kedua macam lanyard ini pastinya hasil cetaknya tidak sama. Jika menggunakan lanyard printing, Anda bisa mencetak desain yang full color dan lebih awet. Sementara lanyard yang dicetak sablon hanya mampu menggunakan bahan polyester warna – warni dan didesain sederhana. Hanya logo yang tidak full color serta tulisan yang berukuran besar supaya lebih terlihat.

Jasa Cetak Co Card Jogja

Kartu panitia yang keren ini dapat Anda produksi sendiri atau diserahkan pada ahlinya. Bila dirasa ribet karena harus mempersiapkan bahan dan desain, percayakan saja pada percetakan terdekat atau mengordernya secara online.

Untuk Anda yang bertempat tinggal di Jogjakarta dan perlu cetak CO Card untuk kebutuhan acara, Anda dapat serahkan pada percetakan Bikinidcard.com. Dengan harga yang ekonomis, produk berkualitas dan hasil cetak yang sesuai keinginan tentunya pas untuk panitia acara perusahaan, mahasiswa, acara kampung maupun sekolah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *